Saturday, 8 October 2016

3 Produk dan Jasa Untuk Dijadikan Gagasan Usaha


Kelompok 2
Nama Kelompok : - Dennis Adam
                              - Fu'am Rezki Syaiqo
                              - Hakim Maulana Taher
                              - Puspa Ayu Tria Novia 


Produk
1.      Meja laptop
2.      Topi
3.      Sepatu
4.      Baju
5.      Sosis


Jasa
1.      Laundry
2.      Travel
3.      Coffee Shop
4.      Fotocopy
5.      Penyewaan mobil

Berikut adalah 10 jenis produk/jasa yang memiliki prospek cerah dimasa yang akan datang:
No
Identifikasi Usaha
Nilai Fungsional
1
Meja Laptop
Membantu memudahkan dan konsumen untuk menggunakan laptop agar  nyaman saat bekerja
2
Produksi Topi
Menyediakan berbagai macam topi untuk kebutuhan sekolah maupun event-event tertentu yang mengharukan menggunakan topi
3
Produksi Sepatu
Menyediakan berbagai macam sepatu untuk kalangan anak muda
4
Clothing Line
Menyediakan jasa pemesanan baju dalam jumlah besar atau menggunakan design sendiri
5
Produksi Sosis
Menjual makanan sosis dengan kualitas yang baik untuk diolah kembali menjadi berbagai macam olahan makanan
6
Laundry
Membantu Untuk meringankan pekerjaan Ibu Rumah Tangga yang bekerja, mahasiswa perantauan, dan para perkerja.
7
Travel
Membantu konsumen untuk bepergian dengan menyediakan transportasi yang nyaman dan aman
8
Coffe Shop
Menyediakan suatu tempat yang nyaman untuk kegiatan bersosialisasi
9
Fotocopy
Menyediakan tempat untuk mencetak dokumen bagi mereka yang tidak memiliki perangkat tersebut.
10
Rental Mobil
Menyediakan berbagai macam mobil untuk digunakan konsumen yang sedang berlibur maupun yang sedang membutuhkan transportasi


Berikut adalah alasan mengapa dipilih 10 produk dan jasa tersebut:
No
Usaha
Alasan
1
Meja Laptop
Banyaknya para pelajar maupun para pekerja kantoran sekarang ini menggunakan laptop saat mereka sedang melakukan pekerjaannya. Tidak hanya untuk mengerjakan pekerjaan namun banyak juga yang menggunakan laptop untuk bermain game atau sekedar ingin melihat lihat took online. Untuk memudahkan mereka yang menggunakan maka kami ingin memproduksi meja laptop dengan senyaman mungkin untuk digunakan.
2
Produksi Topi
Seperti yang kita lihat banyak sekolah yang mengharuskan muridnya untuk mempunyai topi sekolah, mulai dari TK hingga SMA. Tidak hanya pelajar saja namun anak muda jaman sekarang yang senang menggunakan topi untuk memperindah penampilan mereka dengan design keinginan mereka. Maka dari itu kami menyediakan produksi topi dengan design sendiri.
3
Produksi Sepatu
Dijaman sekarang ini banyak anak muda yang menggunakan sepatu untuk bepergian, tak hanya anak muda saja orang dewasa pun ingin tampil awet mudah dengan menggunakan sepatu model masa sekarang. Kami memilih memproduksi sepatu dengan model sesuai trend.
4
Clothing Line
Banyaknya anak muda maupun orang dewasa yang ingin memiliki design sendiri untuk bajunya. Misalkan, ingin menggunakan nama mereka sendiri ataupun tidak. Disini kami memilih clothing line untuk menyediakan jasa pembuatan baju sesuai pesanan dengan jumlah banyak ataupun tidak. Kami juga menjual berbagai macam jenis baju mulai dari bahan hingga designnya.
5
Produksi Sosis
Sosis sangat digemari semua orang, namun banyak sosis yang tidak diketahui komposisinya. Kami disini menjual sosis dengan kandungan berbahan aman dan berkualitas.
6
Laundry
Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutam biaya hidup yang semakin tinggi tidak memungkiri banyaknya ibu rumah tangga yang menjadi wanita karier.  Tidak hanya ibu rumah tangga saja, mahasiswa yang sedang merantau dan para karyawan perusahaan yang jauh dari kampung halaman pun membutuhkan jasa laundry untuk mencuci pakaian mereka. Laundry inilah solusi untuk mereka yang tidak ada waktu untuk mencuci pakaian karena kesibukan masing-masing.
7
Travel
Saat ini banyak sekali orang yang ingin bepergian ke antar kota untuk sekedar berlibur atau untuk menuntut ilmu. Banyak dari mereka yang ingin pergi ke kota tujuan dengan transportasi yang nyaman dan aman namun tidak banyak orang didalam transportasi tersebut. Maka dari itu kami memilih jasa travel untuk solusi bagi mereka yang ingin lebih nyaman dan tidak terganggu dengan banyaknya orang.
8
Coffe Shop
Saat ini tempat makan yang dicari dari berbagai kalangan usia bukan hanya dari segi rasa dan harga, tetapi juga dari keunikan dan penampilan tempat tersebut. Karena tempat makan bukan hanya untuk menikmati makananan dan minuman namun juga digunakan untuk mengabadikan momen mereka, terlebih lagi untuk kalangan anak muda mereka membutuhkan tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliah. Kami memilih caffe shop yang bertujuan untuk menyediakan suatu tempat yang nyaman untuk kegiatan bersosialisasi
9
Fotocopy
Para pelajar saat ini kebanyakn membuat tugas melalui laptop. Tetapi tidak semua pelajar memiliki printer untuk mencetak tugas mereka. Kami memilih usaha fotocopy  yang nantinya menyediakan tempat untuk mencetak dokumen bagi mereka yang tidak memiliki printer dengan harga bagi para pelajar.
10
Rental Mobil
Saat ini banyak sekali keluarga yang bepergian keluar kota atau tempat-tempat wisata dibeda provinsi. Terkadang mereka menggunakan transportasi udara untuk menuju kota tujuan, sehingga pada saat sampai kota tujuan mereka tidak memiliki alat transportasi pribadi untuk berkeliling kota tersebut. Maka dari itu kami menyediakan jasa rental mobil untuk memudahkan transportasi mereka di kota tujuan untuk berkeliling menikmati tempat-tempat wisata.
Setelah melakukan analisis makro seperti diatas, berikut ini akan dilakukan analisis mikro dengan mempertimbangkan factor internal meliputi penguasaan sumber daya seperti lingkungan, peralatan dan finansial, penguasaan knowledge dan skill, serta penguasaan manajemen dan jejaring sosial. Faktor eksternal meliputi peraturan pemerintah, tingkat permintaan dan penawaran, persaingan, resiko, dana prospek ekonomi baik lokal, regional, nasional maupun global.


LAUNDRY
Analisis Swot adalah identifikasi beberapa paktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan strength dan opportunities, namun secara bersamaan dapat meminimalkan weaknesses dan threats. Strength, weakness, opportunity dan threat merupakan faktor - faktor strategis perusahaan yang perlu di analisis dalam kondisi yang ada saat sekarang ini. Analisis SWOT memiliki beberapa analisa yang terbagi dalam beberapa komponen dasar. Analisa ini terbagi atas empat komponen dasar yaitu :
·      S = Strength
Yaitu situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat ini.
·      W = Weakness
Yaitu situasi atau kondisi yang  merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.
·      O = Opportunity
Yaitu situasi atau kondisi yang merupakan peluang  di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi  organisasi di masa depan.
·      T = Threat
Yaitu situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang dating dari luar organisasi dan dapat mengancam eksistensi organisasi di masa depan.




Analisis Swot Laundry
1.   Strength (S)
a.   Memiliki tujuan usaha
b.   Tempatnya yang strategis
c.   Ruangannya menggunakan kipas angin
d.   Kemampuan karyawan dalam melayani pelanggan
e.   Mempunyai cabang dimana-mana
f.    Harganya terjangkau dan relatif murah
g.   Hasilnya memuaskan, pakaian harum dan bersih
h.   Terima kiloan dan satuan (boneka, jas)
i.    Jam buka dari jam 08 am – 10 pm
j.    Memiliki SDM yang telah berpengalaman dibidang menyuci dan menyetrika

2.   Weakness (W)
a.   Karyawan keluar jam kerja tanpa izin
b.   Pengelola jarang mengontrol
c.   Karyawan masuk jam kerja tidak tepat waktu sesuai dengan jam kerja
d.   Sering terjadi kekeliruan dalam membungkus pakaian
e.   Terima gaji tidak tepat waktu
f.    Sering mengalami kendala jika di musim hujan
g.   Barang nya diantar jemput oleh pusat, sehingga waktunya paling cepat 2 hari siap

3.   Opportnities (O)
a.   Berada ditempat strategis
b.   Bekerja sama dengan pusat De Nofuk loundry.
c.   Berada ditempat wilayah anak kos
d.   Jauh dari usaha loundry yang lain disekitar
e.   Mengurangin waktu dan tenaga konsumen yang sedang sibuk beraktifitas

4.   Threats (T)
a.   Adanya teknologi yang lebih canggih dalam pengeringan pakaian
b.   Adanya harga pesaing yang lebih murah pada saat promosi
c.   Strategis mudah ditiru
d.   Munculnya pesaing asing
e.   Konsumen semakin sensitif terhadap harga





Faktor eksternal dan internal Laundry
Faktor internal laundry
1.   Strongth
      a)   Telah memiliki izin usaha sewaktu bial ada pemeriksaan dan petugas maka De Nofuk laundry telah memenuhi persyaratan dalam membuka usaha jasa
      b)   Mempunyai usaha lain
      c)   Dilengkapi dengan tempat parker kendaran roda dua
      d)   Ruangan menggunakan kipas angin sehinggga para karyawan merasa nyaman ketika beraktivitas
      e)   Mempunyai karyawan yang mengerti keimanan atau kepuasan karyawan

2.   Weakness
a)   Adanya teknologi yang lebih canggih dalam pengeringan pakaian
b)   Mengelola jarang mengontrol ketempat usaha sehingga para karyawan merasa bebas dan tidak terikat dengan peraturan dan jadwal yang telah ditetapkan
c)   Pelanggan kadang mengeluh karena kekeliruan dalam mengambil atau pembungkusan pakaian tidak sesuai dengan pemilik pelanggan
d)   Kelemahan De Nofuk Laundry juga dalam memberi gaji karyawan tidak pada tepat waktunya.


Faktor exsternal De Nofuk Laundry
1)   Opportunity
a.   Berada di tempat strategis yang bias dijangkau oleh masyarakat
b.   De Nofuk Laundry bekerjasama Laundry cabang

2)   Treat
a.   Adanya ketidak puasan pelanggan sehingga pelanggan akan berpindah ke usaha jasa lain karena adanya  pelayanan- pelayanan yang tidak memuaskan.


Tabel Analisis Swot
E/I
S
W
OP
Mempunyai usaha lain, Berada ditempat strategis
- Sering terjadi kekeliruan dalam membungkus   pakaian
- Terima gaji tidak tepat waktu
-          Mengurangin waktu dan tenaga konsumen yang sedang sibuk beraktifitas
TH
-          Adanya teknologi yang lebih canggih dalam pengeringan pakaian
-          Adanya harga pesaing yang lebih murah pada saat promosi
-          Munculnya pesaing asing
-          Konsumen semakin sensitif terhadap harga
-          Karyawan keluar jam kerja tanpa izin
-          Pengelola jarang mengontrol

ANALISIS SWOT SEPATU
1.      Kekuatan (Strength)Kekuatan yang dapat diidentifikasi berdasarkan lingkungan internal pemasaran perusahaan adalah:
a.       Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan cukup beragam
b.      Selalu melakukan penelitian
c.       Pengembangan produk dilakukan tiga bulan sekali
d.      Hubungan antara atasan dan bawahan baik
e.       Penggunaan teknologi mesin
f.       Metode pengetesan karyawan dengan jasa outsourcing

2.      Kelemahan (Weakness)
a.        Karyawan atau staff tidak disiplin
b.      Adanya masalah piutang yang tidak dibayar
c.       Keterlambatan pembayaran dari konsumen

3.      Peluang (Opportunity)maupun konsumen. Kerjasama dengan pemasok bertujuan menjaga ketersediaan bahan bakuyang   berkualitas,   sedangkan   kerjasama   dengan   distributor   dan   konsumen   bertujuanmempermudah kegiatan pemasaran yang berpengaruh terhadap peningkatan penjualan.
a.       Supplier bahan baku mudah didapat karena dekatnya dengan rumah industri.
b.      Dekat akses jalan tol
c.       Lokasi pergudangan dekat dengan tanjung perak / pelabuhan
d.      Rumah industri dekat dengan relasi dan pemukiman penduduk
e.       Terjalinnya hubungan yang sangat baik antara atasan dan bawahan
f.       Peluang mendapatkan   tenaga   kerja yang   berkualitas  dan kesempatan   kerja   bagipenduduk sekitar yang pada gilirannya dapat mengurangi pengangguran.
g.      Perusahaan menjalin kerjasama yang kuat dengan mitra baik pemasok, distributor

4.      Ancaman (Threat)
a.       Masuknya pesaing asing yang dapat melemahkan posisi perusahaan.
b.      Adanya pendatang baru dan lama yang memproduksi produk sejenis.
c.       Kebutuhan   sepatu  dan      yang  tidak   menentu   menjadi  ancaman  perusahaankarena mengakibatkan penurunan daya beli konsumen terhadap sepatu dan  yang berpengaruh terhadap volume penjualan.



Faktor eksternal dan internal
Faktor Internal Sepatu
1.      Kekuatan (Strength) adalah:
a.       Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan cukup beragam
b.      Selalu melakukan penelitian
c.       Pengembangan produk dilakukan tiga bulan sekali
d.      Hubungan antara atasan dan bawahan baik
e.       Penggunaan teknologi mesin
f.       Metode pengetesan karyawan dengan jasa outsourcing

2.      Kelemahan (Weakness)
a.       Karyawan atau staff tidak disiplin
b.      Adanya masalah piutang yang tidak dibayar
c.       Keterlambatan pembayaran dari konsumen

Faktor Eksternal Sepatu

1.      Peluang (Opportunity)maupun konsumen. Kerjasama dengan pemasok bertujuan menjaga ketersediaan bahan bakuyang   berkualitas,   sedangkan   kerjasama   dengan   distributor   dan   konsumen   bertujuanmempermudah kegiatan pemasaran yang berpengaruh terhadap peningkatan penjualan.
a.       Supplier bahan baku mudah didapat karena dekatnya dengan rumah industri.
b.      Dekat akses jalan tol
c.       Lokasi pergudangan dekat dengan pelabuhan
d.      Rumah industri dekat dengan relasi dan pemukiman penduduk
e.       Terjalinnya hubungan yang sangat baik antara atasan dan bawahan
f.       Peluang mendapatkan   tenaga   kerja yang   berkualitas  dan kesempatan   kerja   bagi penduduk sekitar yang pada gilirannya dapat mengurangi pengangguran.
g.      Perusahaan menjalin kerjasama yang kuat dengan mitra baik pemasok, distributor

2.      Ancaman (Threat)
a.       Masuknya pesaing asing yang dapat melemahkan posisi perusahaan.
b.      Adanya pendatang baru dan lama yang memproduksi produk sejenis.
c.       Kebutuhan   sepatu yang  tidak   menentu   menjadi  ancaman  perusahaan karena mengakibatkan penurunan daya beli konsumen terhadap sepatu dan  yang berpengaruh terhadap volume penjualan.



Tabel Analisis Swot
E/I
S
W
OP
Perusahaan dekat dengan pemukiman warga sehingga memudahkan untuk promosi awal produk.
Para pekerja didapatkan dari warga sekitar sehingga pekerja kurang disiplin dalam melakukan pekerjaan.
TH
Pekerja yang didapat melalui outsourcing, sehingga jika terjadi penurunan produksi maka pekerja bisa dikurangi.
Produk sejenis banyak memproduksi sehingga pesaing terus bertambah.


ANALISIS SWOT USAHA FOTOCOPY
Faktor Internal Usaha Fotocopy
1.      Strength (Kekuatan)
a.    Sumber daya manusia yang unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
b.   Memiliki modal yang cukup.
c.    Kemampuan dalam tataran konsep dan praktek.
d.   Hasil fotocopy yang bagus karena mesin baru dan terawat.
e. Kemampuan melakukan pengembangan usaha karena dari unit usaha ini akan mampu menyediakan kebutuhan dan keinginan yang lain.
f.    Memiliki relasi bisnis fotocopy yang banyak.

2.      Weakness (Kelemahan)
a.    Pengelola masih berstatus mahasiswa, memungkinkan fungsi kontrol yang kurang baik.
b.   Jam kerja harus menyesuaikan dengan waktu perkuliahan.
c.    Sulitnya koordinasi antara pemilik usaha dengan pengelola usaha.

Faktor Eksternal Usaha Fotocopy:
1.      Opportunity (Peluang)
a.       Kecenderungan mahasiswa memfotocopy materi kuliah daripada membeli buku.
b.      Dekat dengan pangsa pasar dan aktivitas administrasi.
c.       Mampu mengerjakan pekerjaan dalam partai besar karena pengelola memiliki akses yang banyak.


2.      Threats (Tantangan)
a.       Mengalami kesulitan dalam perkembangan usaha, karena usaha baru berada pada fase perintis.
b.      Tingginya biaya operasional ketika usaha baru mulai berdiri.
c.       Belum memahami karakter konsumen.


Tabel Analisis Swot
E/I
S
W
OP

Hasil fotocopy yang bagus karena mesin baru dan terawat sehingga mahasiswa cenderung fotocopy paper daripada membeli buku dengan harga yang mahal.
Dekat dengan pangsa pasar dengan sebab itu jam kerja menyesuaikan dengan waktu perkuliahan
TH
Belum memahami karaktek konsumen maka dari itu karyawan harus memiliki kemampuan praktek yang lebih banyak Sulitnya koordinasi antara pemilik usaha dengan pengelola usaha karena usaha baru berada fase perintis

No comments:

Post a Comment